Tuesday 8 March 2011

kehilangan oRang teRsayang


tahziah diucapkan kepada anggur yang kehilangan org yang tersayang pada minggu lepas..bersabarlah..setiap yang hidup pasti akan menghadap ilahi. dunia adalah satu persinggahan menuju ke alam abadi. orang yang tak berilmu tidak takut untuk mati. ble dengar balik lagu 'yang pergi takkan kembali lagi' nyanyi allayarham utz Asri, salad rasa gelisah je. takut malaikat maut akan jemput salad pada waktu ini.xda sesape pn tw ble maut memangku jasad kita.takooootnye..oleh itu, beringat-ingat lah.. sdiakan payung sebelum hujan. dibawah ini salad kongsikan sedikit renungan tentang kematian. (ayat skema, rsa tkt sbb ckp psl bab nih..huhu)

  

      
 Katakanlah: "Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan". (QS. Al-Jum’ah: 8)


        Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh,. (QS. Al-Nisa’; 78)
Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:
)

        Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan. (QS. A-Anbiya’: 35).


Adapun orang yang mengenal Tuhannya maka dia selalu mengingat kematian, dia memegang wasiat Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, ketika beliau bersabda, “Perbanyaklah mengingat penghancur kelezatan, yaitu mati”.
Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dari Ibnu Umar bahwa Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam, bersabda, “Seorang lelaki dari kaum Anshor datang dan mengucapkan salam kepada Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam, dan berkata, “Wahai Rasulullah orang mu’min yang mankah yang paling baik?. Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam, menjawab, “Yaitu orang mu’min yang paling baik akhlaknya”. Orang tersebut kembali bertanya, “Orang mu’min manakah yang paling cerdas?. Rasulullah Muhammad SAW menjawab, “Orang mu’min yang paling banyak mengingat kematian, dan orang yang paling siap menghadapi masa selanjutnya mereka itulah orang yang cerdas”.

Seorang penyair berkata:
Wahai orang yang sibuk membangun dunianya
Dan diperdaya oleh angan-angan yang panjang
Kematian datang menjemputmu  secara tiba-tiba
Dan kuburan adalah sebagai kotak amal hamba

Sadarlah, Wahai orang yang tertipu!
Mengapa engkau masih bermain riang,
terlena dengan angan.
Padahal engkau tahu ajal di depan matamu!
Dan bukankah jua engkau tahu
bahwa ambisi manusia bak lautan tak bertepi

bahteranya adalah dunia
Maka berhati-hatilah jangan sampai karam!
Yakinlah saudaraku
kematian tidak lama lagi menjemputmu,
ia akan datang, pasti datang
beserta segala kepahitannya

Dan engkau ingat detik-detik itu
ketika wasiatmu dibacakan
sedangkan anak-anakmu menjadi yatim
dan ibunya menjadi janda yang menangis pilu kepadamu
tenggelam dalam lautan kesedihan,
sembari memukul-mukul wajahnya,
Disaksikan para lelaki,
padahal ia dahulu adalah pakaian yang terlipat rapi
mengiringi dirimu yang terbungkus kafan
melihat dirimu yang tak bergerak
membayangkan siksa apa yang akan menimpamu

Sungguh, kematian itu sangatlah menakutkan
kecuali bagi mereka yang hatinya tentram bersama agamaNya
mereka bersenang ria tatkala yang lain hina di akhirat kelak

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, semoga shalawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi kita Muhammad dan kepada keluarga, shahabat serta seluruh pengikut beliau.

No comments:

Post a Comment